Search

Komisi IV Rapat dengan Bulog, Ini Hasilnya - Detikcom

Jakarta - Komisi IV DPR RI hari ini menggelar rapat dengar pendapat (RDP) dengan Perum Bulog untuk membahas pasokan cadangan beras pemerintah dan juga program bantuan sosial (bansos), baik beras sejahtera (rastra), maupun Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

Rapat tersebut berlangsung selama tiga jam dua puluh menit, yakni sejak pukul 10.40 WIB hingga 14.00 WIB.

Berikut hasil rapatnya:

Pertama, Komisi IV DPR RI mendorong pemerintah untuk melakukan penguatan dalam sinkronisasi dan harmonisasi baik regulasi maupun kebijakan yang terkait dengan tugas dan fungsi Perum Bulog.

Kedua, Komisi IV DPR RI mendorong pemerintah untuk memberikan penugasan kepada Perum Bulog dalam menjaga keterjangkauan distribusi, ketersediaan pasokan dan stabilisasi harga pangan pokok melalui pengelolaan Cadangan Pangan Pemerintah khusus untuk komoditas beras, jagung, kedelai, gula, dan daging dengan memberikan modal kerja kepada Perum Bulog sesuai dengan tata aturan pemanfaatan yang disepakati antara pemerintah dan Perum Bulog.


Ketiga, Komisi IV DPR RI mendukung Perum Bulog mengusulkan kepada Menko Perekonomian untuk mengeluarkan keputusan persetujuan pengeluaran 150.000 ton CBP setiap bulannya dengan mekanisme Ketersediaan Pasokan dan Stabilisasi Harga (KPSH) targeted secara langsung kepada 15,6 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) melalui titik distribusi tertentu yang tersebar di Indonesia.

Keempat, Komisi IV DPR RI mengusulkan agar pemerintah segera menyusun kebijakan CBP yang penyalurannya dalam bentuk BPNT atau Kartu Sembako dengan harga yang tepat dan kualitas yang baik kepada masyarakat berpendapatan rendah, serta ASN, TNI/Polri, BUMN yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Kelima, Komisi IV DPR RI mendukung upaya Perum Bulog untuk menyediakan beras dan pangan berfortifikasi sebagai bagian upaya meningkatkan gizi masya maupun percepatan pencegahan penanganan stunting.

Keenam, Komisi IV DPR RI meminta pemerintah untuk segera menyusun kebijakan yang bersifat mandatori agar seluruh beras dan pangan yang dikelola Perum Bulog disalurkan wajib berfortifikasi.

Ketujuh, Komisi IV DPR RI meminta Pemerintah untuk segera membentuk Badan Pangan Nasional sesuai amanat UU nomor 18 tahun 2012 tentang pangan dan menunjuk Perum Bulog sebagai lembaga pemerintah yang melaksanakan penugasan di bidang pangan.

"Dengan demikian berakhir sudah RDP ini. Kami atas nama pimpinan dan anggota Komisi IV DPR memutuskan bahwa rapat ini resmi ditutup," kata Ketua Komisi IV DPR RI, Sudin, di gedung DPR RI, Jakarta, Kamis (21/11/2019).

Simak Video "Mentan Curhat Pernah Difitnah Terima Gratifikasi Pabrik Gula"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)

Let's block ads! (Why?)



Bisnis - Terkini - Google Berita
November 21, 2019 at 04:05PM
https://ift.tt/2s2Pdg9

Komisi IV Rapat dengan Bulog, Ini Hasilnya - Detikcom
Bisnis - Terkini - Google Berita
https://ift.tt/34Gk0OK
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Komisi IV Rapat dengan Bulog, Ini Hasilnya - Detikcom"

Post a Comment

Powered by Blogger.