Search

Tok! Mulai Besok Truk 'Gendut' Dilarang Lewat Tol Jakarta-Bandung - Detikcom

Jakarta -

Dalam rangka menciptakan jalan Indonesia bebas truk Over Dimension Over Load (ODOL) Kemenhub akan mulai melakukan pembatasan jalur yang tegas untuk truk obesitas. Pembatasan truk ODOL ini akan diberlakukan mulai Senin, 9 Maret 2020 dari tol Tanjung Priok (Jakarta) sampai Bandung.

"Kebijakan jalur ODOL untuk ruas jalan tol pelabuhan Tanjung Priok sampai Bandung mulai berlaku tanggal 9 Maret 2020, mulai Senin besok pagi jam 9. Kendaraan ODOL tidak boleh melewati jalur Bandung-Jakarta. Peduli keselamatan di jalan menuju Indonesia bebas ODOL 2023," ujar Direktur Pembinaan Keselamatan Kementerian Perhubungan Darat, Muhammad Rizal Wasal, dalam diskusi terkait ODOL di GIICOMVEC 2020, Jakarta Convention Centre, Jakarta Pusat, Sabtu (7/3/2020) kemarin.

Rizal menjelaskan, bagi truk yang masih melanggar akan disuruh putar balik. Jika situasi tidak memungkinkan truk harus keluar melewati pintu tol terdekat. Kebijakan ini pun akan diawasi sehari semalam untuk mengawasi pelanggaran ODOL.

"Besok aturan main gini, kami akan seremonial di Tanjung Priok Satu. Ada yang kami suruh balik apabila lahan cukup, ada yang kami suruh keluar di pintu tol dua atau terdekat tapi kami tilang. 24 jam kita awasi," ungkapnya.

Tanjung Priok dipilih menjadi titiknya karena dianggap sebagai hulu impor dan ekspor Indonesia. Sementara itu kawasan lainnya seperti Sumatera akan menyusul seiring dengan evaluasi kebijakan ini.

"Karena hampir 62 persen ekspor dari Tanjung Priok. Bertahap lah selesai dulu ini jadi percontohan baru bisa kita geser," katanya.

Pembatasan jalan ini merupakan salah satu cara mengepung para pelanggar ODOL. Dengan dibatasinya akses jalan, mau tidak mau para pengusaha harus patuh aturan. Ditambah lagi aturan ODOL ini juga berlaku untuk truk yang akan diangkut oleh kapal.

"Pada saat nanti sekarang nggak boleh lewat tol, nanti nggak boleh naik kapal, ya udah mereka akan berubah karena nggak ada jalan lagi," tutupnya.

Tok! Mulai Besok Truk 'Gendut' Dilarang Lewat Tol Jakarta-Bandung

Simak Video "Kemenhub Bakal Potong Truk 'Obesitas' demi Keselamatan!"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/lua)

Let's block ads! (Why?)



Bisnis - Terbaru - Google Berita
March 08, 2020 at 10:07AM
https://ift.tt/2xcpZ1p

Tok! Mulai Besok Truk 'Gendut' Dilarang Lewat Tol Jakarta-Bandung - Detikcom
Bisnis - Terbaru - Google Berita
https://ift.tt/34Gk0OK
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tok! Mulai Besok Truk 'Gendut' Dilarang Lewat Tol Jakarta-Bandung - Detikcom"

Post a Comment

Powered by Blogger.