Search

Bank BUMN dan Bank Syariah Siap Beri 'Libur' Nyicil - detikFinance

Jakarta -

Bank-bank milik negara siap menjalankan program stimulus untuk pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Bank Negara Indonesia (BNI), Bank Mandiri, Bank Tabungan Negara (BTN) dan Bank Rakyat Indonesia (BRI) akan memberikan relaksasi untuk para nasabahnya.

Salah satunya adalah penundaan pembayaran cicilan untuk nasabah UMKM yang terdampak Covid 19. Bagaimana syaratnya?

Ketua Himpunan Bank Milik Negara (Himbara), Sunarso mengungkapkan saat ini bank siap mengimplementasikan program stimulus yang disusun oleh regulator yakni Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Menurut dia, nantinya bank akan menilai nasabah mana saja yang membutuhkan restrukturisasi mulai dari tingkatan ringan hingga berat.

"Ini kewenangan dan kompetensi bank untuk menentukan mana yang perlu direstrukturisasi dan mana yang tidak perlu," kata Sunarso dalam siaran pers, Senin (30/3/2020).

Sunarso menjelaskan debitur yang akan mendapatkan restrukturisasi merupakan debitur yang juga pelaku UMKM. Yakni yang terdampak penyebaran virus corona baik secara langsung maupun tidak langsung pada sektor ekonomi pariwisata, transportasi, perhotelan, perdagangan, pengolahan, pertanian dan pertambangan.

Himbara akan melakukan restrukturisasi berupa penurunan suku bunga pinjaman, perpanjangan jangka waktu, pengaturan kembali jadwal angsuran pokok atau pemberian keringanan tunggakan bunga sesuai dengan kondisi debitur.

"Untuk mendapatkan fasilitas tersebut, debitur wajib mengajukan permohonan restrukturisasi kepada Bank tempat pengajuan kredit," kata dia.


Nantinya, berdasarkan permohonan tersebut bank akan melakukan penilaian terhadap kondisi usaha nasabah untuk menetapkan level restrukturisasi yang sesuai. Misalnya nasabah masuk dalam kategori berat, sedang atau ringan.

"Pada akhirnya, bank akan menentukan bentuk restrukturisasi debitur sesuai dengan kondisi usaha debitur," jelasnya.

Simak Video "Mau Kartu Kreditmu Tak Dibobol Orang? Simak Tips Berikut Ini"
[Gambas:Video 20detik]

Let's block ads! (Why?)



Bisnis - Terbaru - Google Berita
March 31, 2020 at 07:02AM
https://ift.tt/2UK68ii

Bank BUMN dan Bank Syariah Siap Beri 'Libur' Nyicil - detikFinance
Bisnis - Terbaru - Google Berita
https://ift.tt/34Gk0OK
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Bank BUMN dan Bank Syariah Siap Beri 'Libur' Nyicil - detikFinance"

Post a Comment

Powered by Blogger.