Search

Begini Ngerinya Imbas Corona ke Pasar Keuangan Global - detikFinance

Jakarta -

Bank Indonesia (BI) menyebut penyebaran virus Corona atau COVID 19 membuat pasar keuangan di sejumlah negara tertekan. Gubernur BI Perry Warjiyo mengungkapkan saat ini bank sentral berupaya untuk memantau perkembangan dampak virus ke perekonomian nasional.

"Dan kami dalam rapat dewan gubernur (RDG) memantau perkembangannya dari waktu ke waktu, bagaimana pengaruhnya ke pasar keuangan, pariwisata hingga perdagangan," kata Perry dalam konferensi pers di kantor BI, Jakarta, Senin (2/3/2020).

Dia mengungkapkan, dari hasil pemantauan ini bank sentral berkoordinasi dengan pemerintah dan otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk pengambilan langkah antisipasi lanjutan. Perry menyebut, berdasarkan penilaian yang dilakukan oleh BI Corona memengaruhi pasar keuangan dan perekonomian baik China maupun negara lain termasuk Indonesia.

Menurut dia, saat ini BI melihat intensitas Corona di China sudah mulai berkurang dan sudah melewati puncaknya. Kesembuhan pasien terus meningkat dan kegiatan ekspor impor di pelabuhan China sudah mulai terlihat.


Selain itu, konsumsi batu bara di China juga terus meningkat meskipun masih di bawah batas normal. Sementara itu, untuk kasus Corona di luar China justru menimbulkan ketidakpastian di pasar keuangan global yang terus terjadi sejak minggu lalu.

"Covid 19 ini juga terjadi di Korea Selatan, Jepang, Italia, Iran dan berbagai wilayah. Ini yang meningkatkan ketidakpastian pasar keuangan global," ujarnya.

Menurut Perry ini juga menyebabkan pasar saham berada dalam tekanan. "Ini yang terjadi di pasar keuangan global minggu lalu hampir di berbagai negara ada tekanan yang ditandai dengan turunnya indeks harga saham utama, suku bunga atau yield treasury dan mata uang, hingga harga minyak mengalami tekanan," ujar dia.

Begini Ngerinya Imbas Corona ke Pasar Keuangan Global

Simak Video "3 WNI di Kapal Pesiar Jepang Positif Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/hns)

Let's block ads! (Why?)



Bisnis - Terbaru - Google Berita
March 02, 2020 at 06:11PM
https://ift.tt/2TAFEiy

Begini Ngerinya Imbas Corona ke Pasar Keuangan Global - detikFinance
Bisnis - Terbaru - Google Berita
https://ift.tt/34Gk0OK
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Begini Ngerinya Imbas Corona ke Pasar Keuangan Global - detikFinance"

Post a Comment

Powered by Blogger.