Search

Pertama di Dunia, RI Mulai B30 Demi Bereskan Tekor Neraca Dagang - detikFinance

Jakarta - Pemerintah akhirnya menerapkan program mandatori biodiesel 30% atau B30 setelah melalui rangkaian uji coba sejak November 2019. Program B30 ini juga menjadi yang pertama di dunia.

Implementasi program B30 juga menjadi bagian upaya pemerintah menyelesaikan masalah tekor alias defisit neraca perdagangan dan transaksi berjalan (CAD). Pasalnya program B30 ini mampu menghemat devisa sekitar Rp 63 triliun atau setara US$ 4,8 miliar.

Presiden Jokowi meresmikan langsung implementasi program B30 tersebut. Pada saat peresmian, orang nomor satu di Indonesia ini memberikan pekerjaan rumah (PR) lagi kepada para menteri dan jajaran direksi PT Pertamina (Persero) mengenai implementasi B50.

Jokowi bilang PR tersebut dilakukan agar Indonesia keluar dari negara importir minyak. Pihaknya juga akan mengawal langsung implementasi program ini.

"Setelah urusan kilang petrokimia selesai, hari ini saya ingin betul-betul memonitor secara khusus dari hari ke hari, bulan ke bulan untuk implementasi program B30. Setelah B20 sekarang kita masuk ke B30," kata Jokowi di SPBU MT Haryono, Jakarta, Senin (23/12/2019).

Simak Video "Jokowi: B30 Bisa Hemat Devisa Rp 63 Triliun"
[Gambas:Video 20detik]

Let's block ads! (Why?)



Bisnis - Terkini - Google Berita
December 24, 2019 at 10:30AM
https://ift.tt/2t0zcYQ

Pertama di Dunia, RI Mulai B30 Demi Bereskan Tekor Neraca Dagang - detikFinance
Bisnis - Terkini - Google Berita
https://ift.tt/34Gk0OK
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pertama di Dunia, RI Mulai B30 Demi Bereskan Tekor Neraca Dagang - detikFinance"

Post a Comment

Powered by Blogger.